Penggunaan Constraint pada Primavera P6

Constraint pada Primavera merupakan pembatasan yang diberikan ke tanggal jadwal pada aktivitas atau proyek di Primavera. Ada 2 level pemberian constraint di Primavera yaitu, pada level Proyek dan pada level Aktivitas.

Contoh pemberian constraint pada level proyek adalah ketika manajemen menginginkan proyek selesai pada tanggal tertentu, misalnya dipercepat menjadi tanggal 30 Oktober 2023 dari tanggal sebelumnya 15 November 2023. Pada contoh ini diperlukan penyesuaian durasi atau relasi pada aktivitas jalur kritis sehingga proyek dapat selesai di tanggal 30 Oktober 2023.

Read More

Contoh pemberian constraint pada level aktivitas adalah ketika tim proyek menginginkan kedatangan material instalasi fence tidak boleh kurang dari tanggal tertentu.

Pemberian constraint dapat mengubah perhitungan total float pada aktivitas yang diberi constraint serta aktivitas yang berelasi dengannya.

Sebaiknya pemberian constraint tidak melebihi 5% dari total aktivitas karena dapat mengganggu analisa penjadwalan. Ketika constraint diberikan pada aktivitas disarankan untuk memberikannya ke tipe milestone lalu dihubungkan kepada aktivitas yang bersangkutan.

Penetapan Constraint

Biasanya, tanggal mulai dan selesainya suatu aktivitas ditentukan oleh hubungannya dengan kegiatan pendahulu (predecessor). Namun, skeduler dapat “memaksa” tanggal aktivitas (ketika diperlukan) dengan menetapkan constraint.

Constraint ditetapkan pada kegiatan hanya jika diperlukan oleh owner (client). Sebagian owner tidak mengizinkan constraint karena constraint dapat mempengaruhi jadwal normal dan total float suatu kegiatan.

Oleh karena itu, setiap constraint yang ditetapkan pada aktivitas harus didokumentasikan beserta alasannya.

Penetapan constraint dapat dilakukan pada level proyek atau level aktivitas.

Pada level proyek Anda bisa menetapkan constraint tanggal selesai proyek pada kolom Must Finish By.

Sedangkan, pada level aktivitas, ada 9 jenis constraint yang bisa digunakan:

Hard Constraint

  • Mandatory Start – Ini memaksa tanggal early dan late start suatu aktivitas atau milestone menjadi sama dengan tanggal constraint, terlepas dari logika perhitungan jadwal.
  • Mandatory Finish – Ini memaksa tanggal early dan late finish suatu aktivitas atau milestone menjadi sama dengan tanggal constraint, terlepas dari logika perhitungan jadwal.

Also, read about how to add activities in Primavera P6.

Soft Constraint

  • Start On – Ini memaksa suatu aktivitas atau milestone dimulai pada tanggal constraint, terlepas dari logika perhitungan jadwal.
  • Start On or Before – Ini memaksa kegiatan atau milestone dimulai paling lambat pada tanggal constraint.
  • Start On or After – Ini menetapkan tanggal start aktivitas atau milestone aktivitas sama dengan atau lebih lambat dari tanggal constraint.
  • Finish On – Ini digunakan untuk memaksa suatu aktivitas atau milestone, selesai pada tanggal constraint, terlepas dari logika perhitungan jadwal.
  • Finish On or Before – Ini memaksa aktivitas atau milestone selesai paling lambat pada tanggal constraint.
  • Finish On or After – Ini memaksa tanggal paling awal aktivitas atau milestone bisa selesai.
  • As Late As Possible – Ini mempertimbangkan free float suatu aktivitas atau milestone, dan memaksa menunda aktivitas atau milestone tanpa mempengaruhi mulainya aktivitas sucessor (tergantung besarnya free float).

Sembilan jenis constraint ini terbagi dalam dua kategori dalam hal kemampuannya untuk mempengaruhi tanggal aktivitas – Soft Constraint dan Hard Constraint.

Soft Constraint memungkinkan tanggal suatu aktivitas bergerak maju dan mundur, dan mencakup Start On, Start On or After, Start On or Before, Finish On, Finish On or After, Finish On or Before, and As Late As Possible.

Contoh Implementasi Soft Constraint:

Aktivitas C diberikan soft constrain Start On pada tanggal 5 September 2023. Namun karena keterlambatan aktivitas predecessor (misalkan aktivitas B), tanggal Start aktivitas C bergeser menjadi tanggal 10 September 2023. Pada contoh ini tanggal start aktivitas C tidak dipengaruhi oleh constraint, tetapi total float aktivitas C beserta relasinya dipengaruhi oleh constraint pada aktivitas.

Hard Constraint adalah contraint yang tidak memungkinkan pergerakan tanggal aktivitas. Ini mencakup Mandatory Start, Mandatory Finish.

Contoh Implementasi Hard Constraint:

Aktivitas C diberikan hard constrain Mandatory Start pada tanggal 5 September 2023. Namun karena keterlambatan aktivitas predecessor (misalkan aktivitas B), tanggal Start aktivitas C yang seharusnya bergeser, “dipaksa” dipertahankan tanggal 5 September 2023 karena pemberian hard constraint. Pada contoh ini tanggal start dan total float dipengaruhi oleh hard constraint pada aktivitas.

Edwin

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *